Desain

Esensi Logo Perusahaan, Pengertian, Fungsi dan Karakteristik

Salah satu komponen paling penting dari identitas visual sebuah perusahaan adalah logonya, yang berfungsi sebagai representasi dari nilai, visi, misi, dan filosofi perusahaan. Logo perusahaan dapat berupa gambar, teks, atau kombinasi keduanya, yang memiliki makna yang jelas dan dapat diidentifikasi dengan mudah.

Esensi logo perusahaan

Pengertian Logo Perusahaan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), "logo" adalah lambang atau tanda yang digunakan sebagai ciri khas suatu lembaga, organisasi, perusahaan, atau produk. Logo perusahaan adalah logo yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk menunjukkan identitas dan karakteristiknya.

Logo perusahaan dapat berupa nama perusahaan, singkatan, inisial, simbol, gambar, atau kombinasi dari elemen-elemen tersebut. Logo harus sesuai dengan bidang usaha, tujuan, dan tujuan perusahaan. Jika Anda ingin menghasilkan Logo dengan kualitas oke Anda bisa menggunakan Jasa desain logo dengan kualitasnya yang oke. 

Fungsi Logo Perusahaan

Logo perusahaan memiliki banyak fungsi, seperti :

1. Membangun Identitas dan Citra Perusahaan

Logo perusahaan dapat mencerminkan nilai, visi, misi, dan filosofi yang ingin disampaikan perusahaan kepada masyarakat dan membantu membedakan perusahaan dari pesaingnya di pasar.

2. Meningkatkan Kesadaran dan Loyalitas Konsumen

Logo yang menarik dan bermakna dapat membuat konsumen merasa lebih dekat dengan perusahaan dan membantu mereka mengenali dan mengingat barang atau jasa yang ditawarkannya.

3. Meningkatkan Efektivitas Komunikasi dan Promosi

Logo perusahaan dapat digunakan untuk berkomunikasi dan menjangkau target pasar dengan menyebarkannya melalui berbagai media, seperti kartu nama, brosur, spanduk, situs web, dan sosial media, antara lain. Ini dapat menarik konsumen untuk mengetahui lebih lanjut tentang bisnis.

Karakteristik Logo Perusahaan yang Baik

Logo yang bagus harus memiliki beberapa karakteristik, seperti :

1. Sederhana

Logo perusahaan harus sederhana dan tidak terlalu rumit agar mudah dipahami dan diingat orang. Logo yang sederhana juga dapat menunjukkan profesionalisme dan keseriusan perusahaan.

2. Unik

Logo perusahaan harus berbeda dan menonjol dari perusahaan lain untuk menonjol dan membedakan perusahaan dari kompetitor. Logo yang unik juga dapat menunjukkan inovasi dan kreativitas perusahaan.

3. Relevan

Logo harus sesuai dengan bidang usaha, tujuan, dan sasaran perusahaan. Logo juga harus sesuai dengan barang dan jasa yang ditawarkan perusahaan serta dengan kebutuhan dan harapan pelanggan.

4. Fleksibel

Logo perusahaan harus jelas dan menarik baik dalam skala besar maupun kecil, dalam warna hitam putih maupun berwarna, dan dalam berbagai media dan ukuran.

5. Tahan lama

Logo perusahaan harus tahan lama dan tidak mudah berubah sesuai dengan perubahan pasar dan waktu.

Proses Pembuatan Logo Perusahaan

Untuk membuat logo perusahaan, ada beberapa tahap, seperti :

1. Penelitian

Pada tahap ini, informasi tentang perusahaan dikumpulkan, seperti bidang usaha, tujuan, sasaran, nilai, visi, misi, filosofi, produk atau jasa, target pasar, kompetitor, dan lain-lain. Selain itu, analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan juga dilakukan untuk menentukan kebutuhan dan harapan pelanggan.

2. Konsep

Pada tahap ini, konsep untuk logo perusahaan dibuat, termasuk memilih nama, singkatan, inisial, simbol, gambar, warna, dan font, serta membuat sketsa atau draft logo menggunakan alat gambar digital atau manual.

3. Desain

Pada tahap ini, desain logo perusahaan dibuat dengan perubahan seperti ukuran, warna, font, dan lain-lain. Selain itu, desain diuji pada berbagai media, seperti kartu nama, spanduk, brosur, website, dan sosial media.

4. Evaluasi​​​​​​​

Tahap ini, desain logo perusahaan dievaluasi untuk menilai kesederhanaan, keunikan, relevansi, fleksibilitas, dan ketahanan. Ini juga melibatkan meminta pendapat dari berbagai pihak, seperti pemilik, karyawan, konsumen, dan ahli desain.

5. Revisi​​​​​​​

Pada tahap ini, desain logo perusahaan diubah, diubah, atau disesuaikan berdasarkan hasil evaluasi. Ini juga melibatkan mengulangi proses desain dan evaluasi hingga desain logo perusahaan yang ideal.

6. Finalisasi​​​​​​​

Proses ini mencakup menyelesaikan desain logo perusahaan, termasuk penentuan format, resolusi, dan ukuran file. Ini juga mencakup menyimpan dan mengirimkan file logo ke pemilik perusahaan.

 

Itulah artikel tentang Esensi logo perusahaan. Logo perusahaan mewakili nilai, visi, misi, dan filosofi perusahaan serta meningkatkan kesan profesional, kredibilitas, dan kepercayaan konsumen terhadap barang atau jasa yang ditawarkannya.