Tips

Daftar Gaji Petugas Penyelenggara Pemilu Terbaru

Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) merupakan ujung tombak dalam penyelenggaraan pemilu di Indonesia. Bertugas melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih, peran mereka krusial dalam memastikan akurasi daftar pemilih dan kelancaran pemilu.

Gaji Pantarlih menjadi topik yang sering dibahas, terutama terkait besarannya dan kesetaraannya dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban. 

Dalam artikel ini, kita akan mengkaji gaji Pantarlih secara detail dan beberapa pertimbangan yang harus dilakukan sebelum ambil pekerjaan ini.

 

Besaran Gaji Pantarlih

Pada Pemilu 2024, gaji Pantarlih ditetapkan sebesar Rp 1.000.000 per bulan, Besaran ini sama dengan gaji Pantarlih pada Pemilu 2020, dan mengalami kenaikan dari Rp 800.000 pada Pemilu 2019.

Berdasarkan halamanDisnakerja.id penetapan gaji Pantarlih mempertimbangkan beberapa faktor, diantaranya yaitu:

  • Kompleksitas tugas dan tanggung jawab: Coklit data pemilih membutuhkan ketelitian dan kecermatan tinggi, serta interaksi langsung dengan masyarakat.
  • Durasi kerja: Pantarlih bekerja selama kurang lebih 2 bulan, dari bulan Februari hingga Maret.
  • Kondisi keuangan negara: Penetapan gaji harus mempertimbangkan kemampuan keuangan negara.

Perbandingan dengan Petugas Pemilu Lainnya

Dibandingkan dengan petugas pemilu lainnya, gaji Pantarlih tergolong cukup rendah.

Sebagai contoh, gaji Ketua KPPS sebesar Rp 1.200.000 per bulan, dan gaji Ketua PPS sebesar Rp 1.500.000 per bulan.

Besaran gaji Pantarlih sering menuai polemik. Ada yang menilai gaji tersebut masih kurang dibandingkan dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban. Di sisi lain, ada juga yang berpandangan bahwa gaji tersebut sudah cukup dan sebanding dengan tugas yang diberikan.

Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan Pantarlih, antara lain:

  • Meninjau dan menaikkan besaran gaji: Hal ini perlu mempertimbangkan kompleksitas tugas, durasi kerja, dan kondisi keuangan negara.
  • Memberikan insentif tambahan: Insentif dapat diberikan berdasarkan kinerja atau capaian tertentu.
  • Menyelenggarakan pelatihan dan pembekalan: Peningkatan kapasitas Pantarlih dapat meningkatkan kualitas kinerja mereka.
  • Memberikan penghargaan: Penghargaan dapat diberikan kepada Pantarlih yang menunjukkan kinerja terbaik.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan terkait gaji pantarlih, semoga bisa bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan untuk kita semua.